Tulisan Kecil #1 - Boleh Mimpi Nggak Sih?

            Entah kenapa aku pengen nulis ini. Bukan sesuatu yang penting sebenarnya. Cuma aku pengen buat semacam life journal yang suatu saat nanti bisa aku baca-baca lagi. Mungkin semacam um,, online diary? Maybe. Ya siapa tau kan nanti di masa depan saat aku udah ke Korea dan jadi orang sukses *amin* terus iseng-iseng buka blog, eh ketemulah tulisan-tulisan ini. Jadi bisa nostalgia kan hahaha…
            Tema untuk yang pertama ini mimpi. Sebenernya apa sih mimpi itu?
Kalau kata orang-orang, mimpi itu bunga tidur. Kalau kata Max Ernest mimpi itu suatu pemenuhan dari apa yang kita harapkan. Kalau kata Kyuhyun beda lagi.. Kata abang yang ngga pernah ganti ava itu, mimpi adalah harapan yang sedang tidur. Terus, sebenarnya apa itu mimpi?
            Semua orang pasti dong punya mimpi, begitupula aku. Mimpi aku banyak. Bukan mimpi waktu tidur ya plis deh, ini itu mimpi di kenyataan. Di dunia nyata. Tau maksud aku kan? Tau lah. Okesip.
            Mimpi aku salah satunya adalah Korea. AAAAAAAA KOREA AAAAAAA….. Oke maksud mimpi aku di sini bukan pengen menguasai Korea. Bukan. Emang aku pahlawan bertopeng apa. Emang pahlawan bertopeng pengen menguasai Korea? #skip
            Yah namanya juga seorang Kpopers. Dari awal-awalnya cuma suka cowo-cowonya yang ganteng-ganteng dan kece-kece, terus merambat ke boyband-girband dan dramanya, terus merambat ke bahasanya, terus merambat ke budayanya, terus merambat lagi pengen yah paling enggak sekali seumur hidup lah berkunjung ke negeri tempat hidup biasnya. Tapi perginya ke sana jangan merambat plis. Capek.
            Mimpi untuk pergi ke Korea ini udah ada sejak lama. Entah ada angin apa waktu itu, tiba-tiba aja punya pemikiran “Aku akan ke Korea suatu saat nanti.” Mimpi yang mulia ya #apanyaa. Karena dorongan mimpi itu, akhirnya aku jadi semakin rajin nabung. Sebisa mungkin nyisihin uang saku. Kadang dibela-belain nggak jajan sama sekali demi nabung. Ya soalnya kalau ngga gitu, ngga akan pernah bisa nabung. Maklum kan uang saku juga ngga banyak-banyak amat. Masih anak SMP qaqaa~~~
            Pertama kali aku mengutarakan *halah* mimpiku ke ortu, ortu langsung yah kayak ngga percaya. Waktu itu ibu bilang, “Ngga usah mimpi” , “Kalau mimpi jangan tinggi-tinggi”, atau “Mau pake apa kamu ke sana? Mau ngapain?”. Jujur aja waktu ibu bilang gitu, aku antara yang sedih campur jengkel. Sedihnya, orang terdekat aku aja bukannya nyemangatin malah kesannya kayak menjatuhkan banget. Jengkelnya lebih kenapa ibu ngga percaya kalau aku bisa? Tapi, dari situlah akhirnya motivasi aku tambah besar. Aku harus bisa ke Korea buat nunjukin ke ibu kalau aku bukan cuma mimpi. Aku bukan cuma omong kosong. Aku akan buktikan. Yeaaaah!!! #bakarobor.
            Syukurlah dari awal bapak mendukung. Yaa walaupun kayaknya masih agak yang ,”Ah ciyus lo?” tapi paling engga bapak mendukung :D . Atas kedua sikap ortu yang bertolak belakang itu, aku jadi semakin rajin nabungnya. Walaupun kayaknya ini tabungan makin lama bukannya makin tebel tapi kok malah makin tipis L
            Semakin lama kadang aku lupa sama niat ke Koreaku ini. Aku sempet mikir, “apa aku bakalan beneran bisa ke Korea? Kok kayaknya mustahil banget”. Tapi karena ada Dinda yang sering mengingatkan, akhirnya semangatku untuk ke Korea kembali membara uyeyeyeye.. Love ya, Dinda :*
            Untuk mencapai mimpi itu butuh pengorbanan. Selain butuh pengorbanan, juga biasanya banyak banget cobaannya. Cobaan pertama yang berjudul ‘Keraguan Ibu’ udah tamat. Akhirnya ibu sekarang mendukung penuh mimpi aku HAHAHA. Kenapa ibu bisa berubah pikiran gitu? Itu soalnya aku nempelin sticky note di kamar aku kalau aku bener-bener serius sama mimpiku. Ah I love you sticky note :* .Untuk sekarang ini cobaannya berjudul ‘Pengen beli’. Untuk nolak hasrat untuk beli sesuatu itu susah banget, kawan. Mulai dari yang pengen beli novel lah, sepatu lah, majalah lah, album lah, ini lah itu lah lahlahalhalahallalala. Dan semakin lama, tabungan pun semakin menipis. Apalagi di musim liburan kayak gini. Ngga ada income, pulsa habis, pengen beli album Exo. Bukannya nabung malah ambil tabungan. Gimana mau ngga habis coba TT
           Well, namanya juga mimpi. Ngga boleh menyerah gitu aja dong.. Apalagi untuk mewujudkan suatu mimpi yang besar. Butuh perjuangan dan pengorbanan. Walaupun lama, yakin saja kalau suatu saat kamu dan aku, bisa mewujudkan mimpi kita. Kalau kata pepatah, “Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”. Walaupun aku nabung dari seribu duaribu, lama-lama juga bakalan jadi 25.000.000. Lagipula 25.000.000 kalau kurang seribu pun namanya juga bukan 25.000.000, tapi 24.999.000.
            Sebenarnya, dengan adanya mimpi besar itu, aku jadi lebih semangat untuk hidup *duh ile bahasaku*. Aku jadi punya tujuan kayak aku harus rajin belajar, biar pinter, biar bisa dapet beasiswa. Atau mungkin aku harus rajin belajar, biar pinter, biar bisa masuk STIS. Atau juga aku harus nabung, nggak boleh boros, biar bisa ke Korea secepatnya. Kalau dilihat-lihat, banyak kan positifnya? Ya, mimpi membuat hidupku lebih positif #EAAAAAAAK

            Intinya, kita boleh punya mimpi. Boleh banget malah. Kalau kita punya mimpi, kita itu punya tujuan untuk apa kita hidup, untuk apa kita makan, untuk apa kita nabung. Bayangin aja kalau kita ngga punya mimpi, hidup mau ngapain. Walau kelihatannya sulit, yang penting kita berusaha kan. Untuk hasil akhirnya, kita serahkan pada-Nya. Selain itu, jangan lupa berdo’a juga. Usaha tanpa ada do’a mah ngga ada apa-apanya. Kalau kata akun-akun bijak yang muncul di TL Twitter aku, “Hidup itu berawal dari mimpi”. Sedangkan mimpi berawal dari tidur. Jadi initinya kalau kalian mau hidup, tidurlah segera!!!! #Sesat  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

Anonymous said...

anneyong hasseo chingu,,(probably dongsaeng because now I am 23 years old and working ) indah imnida! call me simply indah eonnie.. :) aku ga sengaja baca blog kamu, aku setuju bngd sm kamu yg udah mw nabung dan berpikir masa depan,, saat bnyak anak2 seumur kamu fokusnya cuma gadget sama nogkrong di kafe. tp kamu punya mimpi yg jls dan udah mulai berusaha buat dicapai.
aku juga kyk kamu,aku mw sharing pengalaman juga yah.. mudah2n kita saling menginspirasi,,hehe..

dari aku SD,SMP,SMA.. ortu ku ga pernah ngasih uang jajan lebih buat aku bisa "eksis gaul" sm tmn2.. ortu aku dulu jg ga se sukses skrng (biarpun skrng jg ga gmna2) ,pokoknya dulu ortu aku ga bisa kasih aku uang jajan sebanyak kamu.. wktu itu uang jajan aku sama ongkos cm 8rb per hari. jd jajan 7rb, seribu ongkos metromini (dulu,thn 2007..hehe)

namanya wktu itu aku masih SMA, aku suka iri bngd sm tmn yg bisa jajan bnyk,punya gadget yg keren, cerita pernah keluar negri dsb yg gitu2, smntara aku ga bisa..

disini aku jd ambisius bngd aku harus bisa keluar negri! pake uang tabungan aku. dari sini,aku mulai ngirit2 ekstrim bngd.. aku pulang jalan kaki, aku bawa bekel.. aku selalu ga ikut makan klo tmn2 ngajak makan di mall, alhamdulilah mereka ngerti..
thn 2008 aku lulus dan kuliah ngekos di bandung, aku dpt uang bulanan sebulan 1,5jt. perbulan.. karena aku masih terobsesi pengen jln2 ke luar negri,, aku bner2 ngirit pngluaran aku, aku paksa2in sebulan cm kpake 500rb buat makan,ongkos,fotokopi,bayar listrik,air,cuci baju yaah kbutuhan anak kos lah.. hehe.

makin lama,aku jd terbiasa buat makan seadanya,masak nasi sm sayur doank 2rb,jln kaki, kurangin fotocopy dngn nyatet atau nyari buku di perpus,,trnyata selain ambisi aku,aku juga jd lbh bersyukur, bahwa bnyk orng "masih kekurangan" . aku belajar klo hidup sederhana ga berarti kita rendah, Disini aku mulai coba imbangin ambisi aku dengan puasa sunah,sedekah,qurban,zakat,sholat tahajud,duha,,disamping sholat wajib yah bener2 ngedeketin diri ke "yang di Atas" soalnya aku yakin Allah maha pemeluk mimpi.
mindset aku buat mencapai apa yg aku mau adalah: work hard,pray hard.
alhamdulilah thn2 ksini, 2009,10,11an aku ada ksmpatan bbrp kali ke singapura,malaysia,hongkong,macau,cina,dan bbrp tmpat di indonesia..
makin kesini,aku rasa.. keluar negri itu bukan ssuatu yg hebat dan perlu buat dipamerin ke orng2.. biar keliatan kita itu "wah" lebih dari orng lain..aplg update2 status di twitter,di instgram gitu2..

Anonymous said...

disini aku berkesimpulan, klo Tuhan itu bakal ngasih apa yg kita mau,klo kita udh "siap" nerimanya.. klo kita nerima "lebih" kita bisa jd orng yg lebih baik bukan malah orng yg lebih buruk attitude nya. aku jd sadar.. mungkin dulu wktu aku SMA aku ga ada kesempatan kyk sekarang krna mungkin klo aku dptny pas SMA aku bakal sok2an,ngerasa paling hebat

aku lulus kuliah "sistem informasi" dngn IP 3.82. kamu jg harus tau,aku bukan orng pinter.. aku pernah ga tidur 2hr buat nyiapin UAS dan praktikum satu mata kuliah..
awal2 lulus aku kerja jd asisten praktikum dan smpet jd freelance programmer.
alhamdulilah skrng aku udh kerja kantoran tetap,sambil ttep malemnya aku kerja jd freelance programmer, hasilnya aku tabung buat "some bigger dream of mine". emang cape,dimarahin bos,dikejar2 deadline, tp klo tujuan kita udh jls,itu smwa terbayar ko.

dan aku belajar bnyk dari proses itu. aku tetep nabung, tetep batesin mana kebutuhan mana keinginan..ga maksud apa2,cuma sharing aja..di usia aku yg ke 23 skrng aku punya tabungan hampir 130 jt an..dan aku punya 2 orng adik asuh yg tiap bulan aku biayain skolahnya..
tapi aku makin nyadar, pengalaman,dan proses nya yg lebih bermanfaat,kerja keras,berdoa, batesin diri, kemauan buat terus belajar.. itu yg aku lebih rasain manfaatnya selama berusaha nabung 6 thn ini dr thn 2007. hasil itu cuma efek samping dan ga boleh djadiin tujuan utama.

dongsaeng-ah,, keep saving yah! jangan lupa,work hard,pray hard yah! insya allah someday kamu bisa ke korea! kamu pnya uang 100jt di usia sblm 20 itu mungkin!
tapi itu semua harus dibarengin sm kerja keras dan doa sama attitude kita, tunjukin ke Tuhan klo kita "siap" nerima rejeki "lebih" , dan kita siap buat "jemput" rejekinya.. kalau kata Lirik lagu JKT48 (since I am now both kpop and jpop fans! hehe)
,,"usaha keras,itu tak akan mengkhianati". kita pasti dapet apa yv kita usahain


annyeong dongsaeng!
keep inspiring your reader!

Unknown said...

Annyeong eonni! Ini saya penulisnya,Kaka imnida! Terimakasih sudah mau membaca bahkan meninggalkan komen pada post ngga jelas ini :')
Wah cerita yang sangat menginspirasi :')
Setelah membacacerita eonni, jujur aku jadi tambah termotivasi dan semangat untuk tetap menabung dan percaya pada apa yang saya impikan. Karena memang benar apa yang dibilang eonni kerja keras pasti akan mendatangkan hasil, entah untuk sekarang ataupun nanti. Aku juga setuju sama kata-kata eonni yang "Tuhan itu bakal ngasih apa yg kita mau,klo kita udh 'siap' nerimanya". Mungkin emang Allah belum mau ngasih apa yang aku mau karena kalau aku mendapatkannya sekarang, malah akan membawa dampak yang negatif buat aku.
Aku sekarang juga kost loh eonni. Dan jadi anak kost itu memang harus pinter gimana caranya bisa ngirit-ngirit pengeluaran.

Dan wow eonni keren banget IP nya Ya Allah :') Semoga besok aku kalau kuliah juga bisa dapet IP setinggi itu *amiiin*

Sekali lagi terimakasih eonni atas cerita dan motivasinya! :D

Sukses selalu

Post a Comment